Daerah

162 Orang Anggota PPS dilantik Ketua KPU Kabupaten Agam

Tilatang Kamang, PortalJurnalis.com

Nilai Komitmen dan integritas merupakan modal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam mendukung pelaksanaan demokrasi Ketua KPU Agam , Herman Susilo, hadir dalam pelaksanaan sumpah/janji dan penandatanganan Pakta integritas sekaligus pelantikan PPS (Panitia Pemungutan Suara) tingkat Nagari di Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tahun 2024 di Aula SMN 1 Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam, Minggu (26/6/2024)

Kegiatan yang dihadiri sejumlah forkopimda dan Forkopimca seperti kalangan pejabat, tokoh masyarakat, dan para undangan, serta anggota PPK dan PPS yang berasal dari 10 kecamatan Agam timur Yang berasal dari 54 nagari dengan jumlah seluruhnya 162 orang PPS ditambah 50 orang anggota PPK

.
” PPS yang dilantik semoga mampu melaksanakan tugas maupun tanggung jawab penuh amanah serta jujur, adil, dan transparan ” Ucap Bambang Warsito, Kepala Kesbangpol Agam

Bambang Warsito juga menekankan agar membangun komunikasi yang intens terhadap seluruh stakeholder tanpa kecuali, baik di nagari maupun Kecamatan.

Sekiranya ada persoalan diselesaikan dengan jalan musyawarah mufakat, dengan perkuat koordinasi dan konsolidasi kepada semua stakeholder mulai tahapan hingga puncak pelaksanaan pilkada menutup sambutannya

Ketua KPU Agam, Herman Susilo menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada pihak sekolah, Panitia Penyelenggara, maupun para undangan yang hadir dalam mendukung pelaksanaan tahapan pilkada.

” Dasar dan sumber motifasi yang menjadi acuan melaksanakan tugas untuk mencapai Rahmat dan ridho Allah, demikian halnya kontribusi, partisipasi tegakkan demokrasi adalah bagian ibadah ” Ucap Herman Susilo dalam sambutannya.

Baca Juga  Kapolsek Tilatang Kamang dan Jajaran Safari Jumat di Mesjid Asyarif Koto Laweh

Durasi waktu yang singkat hanya dalam hitungan 7 atau 8 bulan dibandingkan dengan Pilkada sebelumnya cukup lama rentang waktunya tentu menjadi tantangan tersendiri , tutur Bambang Warsito penuh optimis

Herman Susilo, Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Agam dalam menghadapi tantangan tersebut telah melakukan penataan dan pengelolaan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan efektivitas pelaksanaan pemilihan umum, dengan pengembangan dan penguatan SDM (Sumber Daya Manusia), kelembagaan, dan koordinasi.

Dalam meningkatkan dan penguatan SDM, Ketua KPU telah melaksanakan berbagai upaya, seperti pelatihan dan pengembangan kemampuan dalam menghadapi tantangan yang timbul dalam pelaksanaan pemilihan umum.

Selain itu, Ketua KPU juga telah mengembangkan sistem pengawasan yang lebih efektif untuk memastikan pelaksanaan pemilihan umum yang transparan , jujur dan adil.

Hal lainnya yang diperkuat adalah kelembagaan, Ketua KPU mendorong meningkatkan koordinasi dengan lembaga lainnya, seperti lembaga hukum, lembaga keamanan, dan lembaga lainnya yang terkait dengan pelaksanaan pemilihan umum baik forkopimda maupun forkopimca serta stakeholder lainnya

“Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilihan umum berjalan dengan lancar dan aman.” Tutur Herman Susilo

Ketua KPU juga telah mengembangkan sistem informasi yang lebih efektif untuk memastikan bahwa informasi yang diperlukan dapat diakses dengan mudah.

Herman Susilo secara tegas menyatakan agar meningkatkan dan memperkuat koordinasi, komunikasi dengan lembaga lainnya, serta meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Baca Juga  Polsek Tilatang Kamang Bersinergi dengan Dunia pendidikan

Ketua KPU juga telah mengembangkan sistem monitoring yang lebih efektif untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilihan umum berjalan dengan transparan dan adil.

Dengan demikian, Ketua KPU telah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan efektivitas pelaksanaan pemilihan umum melalui pengembangan SDM, kelembagaan, dan koordinasi.

Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap KPU dan memastikan pelaksanaan pemilihan umum yang transparan, adil, dan aman.

Tentu saja dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah ini membutuhkan partisipasi dan dukungan serta kontribusi dari semua pihak baik dari pemerintah itu sendiri maupun masyarakat sebab KPU tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dan partisipasi dari semua stakeholder, Ucap Herman Susilo penuh harap

Usai pelantikan 162 anggota PPS tidak langsung pulang dijadwalkan mengikuti bimtek dengan materi berupa tahapan penyelenggaraan pilkada bupati dan gubernur hingga sore hari

Yaman