ArtikelNasional

Cara Mengetahui Sebuah PT Itu Terdaftar Atau Bodong

Nasional, Bukittinggi.Info – Sebuah perusahaan tentunya harus terdaftar secara resmi sesuai ketentuan di Negara Republik Indonesia. Termasuk juga perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Bagi masyarakat awam mungkin sulit untuk mengetahui apakah sebuah PT tersebut benar-benar resmi terdaftar atau bodong karena kekurangan informasi mengenai cara pengecekan validitasnya. Hal ini juga kadang menimbulkan korban penipuan dari orang-orang yang menjual nama sebuah PT bodong.

Bisa kita lihat di grup-grup lowongan pekerjaan yang tersebar di berbagai platform media sosial. Informasi lowongan pekerjaan ada yang diberi embel-embel nama sebuah PT yang jarang terdengar bahkan asing di telinga. Disini penting bagi kita semua untuk mengetahui apakah PT tersebut benar-benar resmi terdaftar atau bodong, agar terhindar dari modus penipuan ataupun terjerumus bergabung dengan perusahaan bodong.

Cara mengetahui sebuah PT tersebut terdaftar atau bodong bisa dengan beberapa cara. Disini kami berikan beberapa caranya:

1. Cek secara online di website AHU

Cara pengecekan secara online adalah dengan:

    • Buka website https://ahu.go.id/pencarian/profil-pt
    • Ketikkan nama lengkap PT atau nomor AHU PT yang akan dicari
    • Centang Rechaptca sebagai konfirmasi keamanan
    • Klik Cari
    • Selanjutnya sistem akan menampilkan hasil pencarian dari nama PT atau nomor AHU

cek keabsahan pt

    • Perhatikan penulisan anda, karena jika berbeda 1 huruf atau spasi, maka hasilnya akan berbeda.
    • Untuk contoh pencarian online, berikut kami tampilkan hasil pencarian nama PT perusahaan media kami PT Cahaya Indo Media
Baca Juga  Adu Domba, Bahaya dan Larangannya

cek keabsahan pt

 

2. Pengecekan manual

Pengecekan manual lebih sulit dari pengecekan online. Karena untuk pengecekan manual, kita harus meminta data-data perusahaan kepada pemiliknya seperti akta perusahaannya. Kalaupun akta tersebut ada, untuk pengecekan keasliannya butuh waktu dan tenaga. Jadi kami sarankan lakukan cek online biar lebih mudah dan cepat.

Akta Pendirian PT Cahaya Indo Media

Demikianlah artikel cara mengetahui apakah sebuah PT itu resmi atau PT bodong. Semoga bermanfaat. (Angah)