Daerah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi Gelar Acara Festival Silek Tradisi 2023

 

Bukittinggi, Portaljurnalis.com (Kamis, 14/12/23)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi sudah 2 hari menggelar Acara Festival Silek Tradisi 2023 di Lantai 1 Pasar atas Bukittinggi.

Acara festival Silek ini diikuti oleh Pelajar SD dan SMP Se Kota Bukittinggi, dimulai dari tanggal 13 – 15 Desember 2023, Acara ini terselenggara berkat Ide dan gagasan dari Walikota Bukittinggi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jeki, S.Kom, M.Si mengatakan Pemko Bukittinggi sangat perhatian dengan nilai – nilai budaya termasuk Silek, sudah tercatat Warisan Tak Benda telah diakui oleh UNESCO, Jika tidak diwariskan silek tradisi oleh Tuo Silek, maka silek hanya tinggal sekedar nama, bahkan silek diharapkan bisa kembali menjadi nilai budaya di Kota Bukittinggi.

Untuk itu kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Festival Silek Tradisi 2023 Tingkat SD dan SLTP Se-Kota Bukittinggi (13-15/12/2023) di Lokasi Pasa Ateh. ungkap Jeki

Jeki menambahkan, Dengan adanya festival ini kita bisa memberikan pemahaman kepada anak dan kemenakan kita bagaimana kedepannya Silek Tuo lebih dikenal lagi di tingkat Nasional maupun Internasional,  ini menemukan titik terang perkembangan Silek Tradisi tetap awet dan bisa dilestarikan nantinya oleh anak cucu kita nantinya.

Sementara itu Ketua Penyelenggara Yuliana Fatimah mengatakan, Kegiatan ini merupakan ide dan gagasan dari Walikota Bukittinggi H. Erman Safar. SH, untuk dilaksanakan melalui Instruksi dari Sekda Bukittinggi dalam hal ini Bapak Martias Wanto Dt. Maruhun kepada Dinas Pendidikan melalui Bidang Kebudayaan yang dipimpin oleh H. Heru Astanawa.

Baca Juga  Jaga Kelestarian Ekosistem Sungai, Forum DAS Sumbar Periode 2022-2026 Dikukuhkan

Kegiatan ini merupakan anggaran Pengadaan Langsung dari belanja Jasa dan Event yang bertajuk Pelestarian Pencak Silat Di Kota Bukittinggi dan Luhak Nan Tigo dalam bentuk Event atau Festval Silek Tradisi 2023, di Kemas dalam 2 Sub Event, Ungkap Yuliana.

Yuliana menambahkan, Dua Sub Event ini terdiri :

1. Sarasehan Tuo Silek se Luhak Nan Tigo yang diadakan di Hotel Grand Malindo selama 2 hari mulai dari tanggal 11 – 12 Desember 2023.

2. Dan dilanjutkan pada tanggal 13 – 15 Desember bertajuk Event Alek Nagari Anak Kamanakan kita dengan mengangkat kejuaraan Silek anak Nagari tingkat SD, SMP se Kota Bukittinggi.

Event ini terdiri dari 4 macam kategori yakni Kategori A sampai kategori D, adapun tujuan diselenggarakan kejuaraan Event ini, agar Tradisi Silek lebih dikenal oleh Anak – anak kita disekolah kalau bisa dijadikan sebagai Pelajaran Muatan Lokal dalam kurikulum sekolah, pungkas Yuliana.

Ditempat yang sekretaris IPSI Ifra Fauzan St. Kabasaran mengatakan, pada dasarnya Tuo Silek itu menaungi seluruh Tuo – tuo silek dalam melestarikan Silek – silek tradisi minangkabau yang akan dilanjutkan pelestariannya oleh anak kemanakan kita nantinya.

Sekarang ini Pemko Bukitttinggi bekerjasama dengan perhimpunan Tuo Silek se Luhak Nan Tigo mengadakan Event dan Festival Silek 2023 seperti yang kita lihat sekarang di pasar atas ini, Kata Ifra.

Baca Juga  Angku Herman Sofyan Mengadakan Pelatihan Adat dan Budaya Untuk Bundo Kanduang

Event ini di ikuti oleh berbagai macam peserta, mulai dari tingkat SD dan SMP, dengan kegiatan ini saya berharap kedepan, mudah – mudahan tradisi silek ini bisa dilestarikan oleh anak kemanakan dan cucu kita dimasa yang akan datang, pungkas Ifra mengakhiri.(RSA/RED)