Daerah

Jelang Pengumuman Kelulusan, Alumni STM Negeri Bukittinggi Adakan Seminar Motivasi

Bukittinggi – Pengurus Ikatan Alumni STM/SMK Negeri 1 Bukittinggi adakan seminar motivasi untuk para siswa/i kelas 12 yang bertempat di Mushalla Ahmad Karim SMK N 1 Bukittinggi (5/05/2023). Seminar Motivasi dengan tema “Perilaku Efektif Mewujudkan Mimpi”.

Dalam seminar motivasi ini menghadirkan narasumber alumni STM Negeri Bukittinggi yang telah sukses menjadi Direktur Utama PT Aezon Modec Achievment yang bernama Audelta Elviezon. Juga dihadiri oleh Ketua DPP Zetrialdi Ghoecie dan Ketua DPD Sumatera Barat Herman Sofyan, SE.

Selain itu seminar ini didampingi oleh Kepala Sekolah SMK N 1 Bukittinggi dan juga para guru dan para orang tua wali murid.

Ketua DPD Sumatera Barat Alumni Herman Sofyan dalam sambutannya menyampaikan bahwa di masa depan kita tidak tahu akan jadi apa.

seminar motivasi

“Walaupun di SMK kita semua berhubungan dengan teknik, namun ketika dewasa nanti, belum tentu pekerjaan yang akan digeluti berhubungan dengan jurusan yang sedang ditekuni sekarang. Seperti Ketua DPP Alumni yang dulunya jurusan bangunan, sekarang justru sukses di industri farmasi. Begitu juga narasumber kita hari ini dulu anak teknik sekarang justru sukses dan bisa dikatakan menjadi “dokter” nya perusahaan-perusahaan yang managemen nya bermasalah” jelas Herman Sofyan.

“Begitupun saya sendiri, dulunya anak STM, sekarang menjadi politisi yang sudah 2 kali periode menjabat di DPRD Kota Bukittinggi dan pernah jadi Ketua DPRD Kota Bukittinggi. Untuk itu penting bagi junior-junior kita ini mendapatkan motivasi dari para alumni kita yang sudah sukses di dunia usaha, agar bisa termotivasi dan bisa menyiapkan masa depan yang lebih cerah” tutup Herman Sofyan.

Baca Juga  Iptu Dailalul Khairat, Kapolsek Tilatang Kamang berbagi dengan Warga dengan melakukan pembagian Takjil pada Bulan Ramadhan

Audelta Elviezon: Pesan Untuk Orang Tua, Jangan Terlalu Dimanjakan Anak-anak Kita Agar Mereka Mandiri

seminar motivasi

Narasumber pada seminar motivasi ini Audelta Elviezon dalam pemaparannya menjelaskan untuk menjadi orang sukses itu harus punya peta untuk mencapainya.

“Coba nanti kepada semuanya petakan dulu diri sendiri dengan cara tulis apa saja kelebihan yang dimiliki dan apa kekurangan. Lalu coba tulis apa cita-cita yang ingin dicapai” jelas Audelta.

“Setelah itu untuk mencapai cita-cita tersebut tulis apa yang harus ditempuh. Misalnya jurusan pendidikan, apa yang harus dilakukan agar cita-cita tersebut didapatkan. Tidak selalu jurusan yang ditekuni menjadi jalan sukses dimasa depan. Banyak orang yang sukses justru tidak dibidang atau jurusan yang ditempuhnya” sambungya.

seminar motivasi

“Tidak hanya dari segi pemetaan diri, membangun relasi itu termasuk hal yang tidak kalah penting. Untuk sukses melakukan sesuatu, perlu beberapa orang yang memiliki kemampuannya masing-masing. Bangun terus relasi dengan semua pihak, karena suatu saat relasi itu kita butuhkan untuk mencapai kesuksesan” lanjutnya lagi.

“Setelah tamat nanti, jangan jadi anak yang manja. Jika tidak kuliah harus berani terjun kedunia usaha. Jangan mau terus menjadi beban orang tua. Dan kami juga pesan kepada semua orang tua, tolong anak-anak kita ini terlallu dimanjakan. Jangan semua kebutuhannya dipenuhi. Biarkan mereka belajar berusaha dan menyelesaikan masalahnya sendiri supaya mereka siap menghadapi masa depannya” tutup Audelta.

Baca Juga  Tingkatkan Kemampuan Warga dan Demi Menjaga Lingkungan, Nagari Kamang Hilia Adakan Sekolah Lapangan

seminar motivasi

Setelah penyampaian motivasi, acara dilanjutkan dengan pensosialisasian website alumni yang dilakukan langsung oleh Ketua DPP Alumni Zetrialdi Ghoecie.

“Semua alumni 2023 langsung diajak mendaftar di website alumni supaya dapat terdata walaupun baru saja tamat. Hal ini berguna bagi kami untuk pendataan. Dan juga kami beritahukan apa saja manfaat yang akan didapatkan jika telah mendaftar di website alumni” terang Zetrialdi.

“Semoga kegiatan Seminar Motivasi ini dapat menjadi motivasi bagi adik-adik alumni. Dan kedepannya bisa lahir lagi para orang sukses dari alumni SMK N 1 Bukittinggi” tutupnya. (Angah)