KPU Bukittinggi Gelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Persiapan dan Pelaksanaan PSU DPD RI Dapil Sumbar.

Bukittinggi, PortalJurnalis.com.

Komisi Pemilihan Umum Kota Bukittinggi hari ini menggelar Rapat Koordinasi tentang persiapan dan pelaksanaan Pemilihan  serentak Nasional dan Pemungutan Suara Ulang (PSU) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Propinsi Sumatera Barat Tahun 2024 bersama Stakeholder terkait pada Jumat (5/7/2024)

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan di ruang Metting Rocky Hotel, yang mana dihadiri oleh beberapa Perwakilan dan Pimpinan SKPD Kota Bukittinggi, Pimpinan Bawaslu, Kejaksaan, Camat dan Lurah se Kota Bukitttinggi dan Instansi lainnya yang terkait.

Sebagai Narasumber pada rapat koordinasi ini terdiri dari 4 orang komisioner diantaranya, Safri Miswardi Wakil Ketua Bidang Teknis, Rifa Yanas Wakil Ketua Bidang Hukum, Utce Pradana wakil Ketua Bidang Data dan Muhammad Fauzan Hazra Sosialisasi dan SDM.

Utche Pradana Wakil Ketua KPU Bidang Pendataan mengatakan, Penjelasan terkait Pemilih PSU-MK, Pemilih PSU-MK adalah pemilih DPT, DPTb, dan DPK pada Pemilu 14 Februari 2024, Pemilih tersebut sebagaimana tercantum dalam angka (1) di atas diberikan formulir model C. Pemberitahuan-KPU.

Untuk DPTb sepanjang yang bersangkutan menerima surat pemberitahuan berarti yang bersangkutan masih berada di daerah tersebut, kalau tidak ditemukan berarti yang bersangkutan sudah kembali ke TPS asal. Ungkap Utche.

Rifa Yanas wakil Ketua KPU Bidang Hukum menegaskan bahwa Sesuai PKPU 7 tahun 2022 maka yang bisa mengurus DPTb utk PSU-MK ini harus sesuai dengan kategori yaitu ditugaskan atau bekerja pada hari H, sakit, bencana, tahanan yang disertai dengan dokumen pendukung.

Adapun untuk Layanan pindah memilih paling lambat tanggal 6 juli 2024, Bagi pemilih yang mengurus layanan pindah pemilih, KPU Kab/Kota memberikan tanda bukti pengurusan pindah memilih, seperti formulir pindah memilih tetap keluaran Sidalih, oleh karena itu KPU Kab/Kota meminta nomor wa atau email pemilih. Ungkap Rifa

Rifa menambahkan, Untuk orang yang Pindah memilih diatas, kami menggunakan sebuah aplikasi, yang mana aplikasi ini sedang disiapkan oleh KPU Pusat, insha Allah sebentar lagi siap, untuk DPTb dengan kategori pindah domisili di 14 Feb 2024 dengan 5 SS, mendapatkan C-Pemberitahuan dari KPU, kalau masyarakat mau pengurusan dptb, silhkan buka link : cekdptonline-psu.kpu.go.id sudah bisa d akses.

Muhammad Fauzan Hazra Wakil Ketua KPU Bidang SDM dan Sosialisasi mengatakan, jumlah DPT yang terdaftar sampai sekarang sekitar 95.068 orang pemilih yang terdiri dari 365 Tps di 3 Kecamatan di Kota Bukittinggi, mudah-mudahan masyarakat kita bisa berpartisipasi untuk memberikan suaranya pada hari itu.

Kami dan seluruh KPPS dilapangan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan Sosialisasi ke masyarakat pentingnya melaksanakan pemilihan suara ulang DPD RI ini, pungkas Fauzan.

Wakil Bidang Teknis Safri Miswardi menambahkan, berdasarkan pencermatan, Pemilih yang berhak memilih adalah pemilih yang memiliki dokumen kependudukan wilayah Sumatera Barat, seperti KK dan KTP.

Apabila pemilih tersebut berada diwilayah lain dan masih berada di propinsi Sumatera Barat maka pemilih tersebut diarahkan untuk memilih di TPS asal berdasarkan DPT nya terdaftar, kata Safri.

Ditempat yang sama Eri Vatria, SH, M. Hum Wakil Ketua Bawaslu Bukittinggi Bidang Hukum mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa PSU DPD RI dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024 mendatang merupakan perintah dari Mahkamah Konstitusi.

Berdasarkan perintah tersebut sudah seyogyanya kita sebagai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan KPU melaksankan kegiatan ini, tentunya KPU seagai Pelaksana Teknis dan Bawaslu sebagai pengawas memastikan kegiatan PSU ini be4jalan dengan baik sesuai dengan UU yang berlaku,pungkas Eri Fatria (RSA)