Daerah

PII Gelar Acara HARBA yang Ke – 77 sekaligus Peluncuruan Buku Biografi H. Masfar Rasyid. SH.

Bukittinggi, PortalJurnalis.com

Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia, kemaren menggelar acara Hari Bangkit (HARBA) yang ke 77, sekaligus peluncuran Buku Biografi seorang Tokoh Eksponen 66 H. Masfar Rasyid. SH.

Acara ini digelar di Ruang Sidang Istana Bung Hatta Bukittinggi pada Minggu (2/6/2024), acara ini dihadiri oleh Keluarga Besar PII, Muhammadiyah, Dewan Dakwah dan Tokoh – tokoh masyarakat lainnya seperti, Supardi. SH (Ketua DPRD Propinsi Sumbar), Prof. DR. Syaifullah, Sa, MA, H. Zahirman Zabir, SH, MH, dan H. Risman Mochtar, MSi. Acara ini di buka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansyarullah.

Ketua Panitia pelaksana H. Akmal Thulas mengatakan adapun kegiatan kita pada hari ini adalah kegiatan HARBA (Hari Bangkit Pelajar Islam Indonesia) yang ke 77 sekaligus peluncuran Buku Biografi seorang tokoh eksponen 66 Bapak H. Masfar Rasyid, SH.

Kenapa namanya “HARI BANGKIT”, karena PII terdiri dari kekuatan – kekuatan Tentara Pelajar dahulunya waktu awal kemerdekaan, dan mereka sudah berikrar menjadi Pelajar Islam Indonesia bukan didirikan oleh 2 atau 3 orang saja tapi oleh seluruh tentara pelajar yang di Indonesia ini. Ungkap Akmal.

Akmal menambahkan, acara yang kedua yakni peluncuran buku Biografi H. Masfar Rasyid. SH, beliau adalah seorang aktivis dan Penggerak Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia waktu menumbangkan PKI (Partai Komunis Indonesia), beliau juga aktif dalam menegakan hukum dan keadilan terbukti beliau juga memiliki lembaga hukum yang bernama ” LBH – KISTANCE” yang mana LBH ini diakui di Sumatera Barat sebagai LBH terkuat waktu itu dalam membela dan memperjuangkan keadilan untuk masyarakat.

Baca Juga  Kapolda Sumbar Pimpin Apel Gelar Kesiapan Pamwal dan Rute dalam Rangka HDCI Sumatera Bike Week (SBW) 2022

Bapak Masfar Rasyid ini juga aktif sebagai pembina Olah Raga tradisional seperti pencak silat, Randai dan lain – lainnya, beliau juga aktif sebagai penggerak Kesatuan Aksi pelajar angkatan 66, penggerak PII (Pelajar Islam Indonesia) beliau juga aktif di YARSI (Yayasan Rumah Sakit Islam)dan juga beliau pernah menjabat sebagai Ketua MPR Tahun 1997 – 1999, pungkas Akmal mengakhiri.

Sementara itu Pemerintah Kota Bukittinggi yang diwakili oleh Assisten II Isra Yonza mengatakan, Pemko Bukittinggi memberikan apresiasi yang sangat luar biasa tentang peluncuran buku ini karena keterkaitan Bapak Masfar Rasyid dengan perjuangan di Kota Bukittinggi di mulai dari tahun 1966 dan “TRITURA” dan beliau adalah sosok Bapak lintas generasi dan lintas 3 zaman, mulai dari zaman penjajahan Belanda dan Jepang, zaman orde Lama serta zaman orde baru.

Paling tidak itu adalah sebagai contoh bagi generasi muda kita sekarang, mudah – mudahan dengan peluncuran buku Biografi beliau ini menjadi tonggak sejarah bagi Kota Bukittinggi, bahwa di Kota ini lahir juga dimasa sekarang beberapa tokoh – tokoh yang sangat luar biasa yang sudah mengagas perkumpulan dan menjadi negarawan dan itu menjadi salah satu contoh bagi generasi muda kita, ungkap Isra Yonza.

Nah dengan hal diatas Pemerintah Kota Bukittinggi mempersiapkan bagaimana Kota Bukittinggi ini memiliki generasi yang dapat sebagai generasi penerus bangsa yang sebenarnya, yang berazaskan Madani dan berdasarkan pancasila dan mampu menjadi tonggak sejarah negara ini kedepan. kata Isra Yonza mengakhiri. (Rsa)