Daerah

Pokdar Kamtibmas Himbau Masyarakat Ikut Berperan Aktif Jaga Kamtibmas

Bukittinggi, Bukittinggi.Info – Pokdar Kamtibmas Polres Bukittinggi himbau seluruh lapisan masyarakat untuk ikut aktif menjaga stabilitas kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

Himbauan ini disampaikan langsung oleh ketua Pokdar Kamtibmas Polres Bukittinggi Herman Sofyan, SE melalui wartawan di kantor PT Cahaya Indo Media Kampung Cina Bukittinggi (12/07/22).

“Kita sadar apapun gejala-gejala yang muncul ditengah masyarakat, sekecil apapun itu yang mungkin bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat akan lebih dahulu diketahui oleh masyarakat disekitarnya. Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama menjaga agar hal tersebut tidak menjadi perusak kamtibmas di lingkungan kita” jelas Herman Sofyan.

“Banyak hal yang bisa mengganggu kamtibmas seperti kenakalan remaja, perjudian, minuman keras, narkoba dan lain sebagainya. Semua itu dapat merusak baik hubungan antar masyarakat ataupun merusak situasi keamanan masyarakat. Tugas kita semualah untuk menjaganya” lanjutnya.

“Jika terjadi masalah ditengah masyarakat, sebaiknya cobalah dahulu untuk memperbaiki dan menyelesaikannya ditingkat bawah. Selesaikan secara kekeluargaan. Kalau bisa perbaiki lagi hubungan antar orang yang bermasalah, karena bagaimanapun hubungan antar warga terutama orang yang bertetangga akan selalu berlangsung. Jika diperbaiki dan hubungannya di damaikan lagi, pastinya sistuasi kamtibmas akan kembali kondusif” lanjutnya lagi.

“Libatkan niniak mamak dan tokoh masyarakat untuk penyelesaian masalah. Jika perlu libatkan anggota Pokdar Kamtibmas dan Babhinkamtibmas ketika dirasa permasalahan tersebut agak sulit diselesaikan. Ingat, peraturan kepolisian saat ini sudah ada yang namanya Restorative Justice yang mengedepankan penyelesaian masalah ditingkat bawah dengan mengedepankan kearifan lokal”  terangnya.

Baca Juga  Edukasi Masyarakat Sambil Berbagi Oleh Satlantas Polres Bukittinggi

“Jangan sedikit-sedikit membawa permasalahan ke ranah hukum. Tidak semua masalah yang terjadi harus dibawa keranah hukum. Selagi masih bisa diperbaiki, baiknya diperbaiki. Namun jika masalahnya pelanggaran hukum yang tidak bisa ditoleransi, koordinasikanlah dengan pihak berwenang” sambung Angku Herman.

“Jika masyarakat melihat potensi gangguan kamtibmas, mari bersama-sama kita hentikan gangguan tersebut. Jika tidak berani, coba berkoordinasi dengan pengurus daerah setempat seperti RT, RW atau Wali Jorong ataupun dengan Bhabinkamtibmas untuk langkah-langkah selanjutnya” ucapnya lagi.

“Semoga sinergitas antar masyarakat, Pokdar Kamtibmas dan kepolisian bisa menjadikan lingkungan kita semakin aman dan tentram. Salam elok-elok sajo” tutup Herman Sofyan. (Angah)