Daerah

Silaturahmi Pokdar Kamtibmas Polresta Bukittinggi Dengan Polsekta Bukittinggi

Bukittinggi – Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Polresta Bukittinggi melakukan silaturahmi dengan Polsek Kota Bukittinggi (13/01). Silaturahmi ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara pengurus dengan jajaran Polsek Kota Bukittinggi dan perkenalan dengan Kapolsek Kota Bukittinggi yang baru.

Dalam acara yang berlangsung sejak siang hingga sore hari di Polsekta Bukittinggi ini, rombongan pengurus Pokdar Kamtibmas disambut langsung oleh Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Zamzami, Kanit Binmas AKP Hamrizal beserta beberapa orang anggota kepolisian.

Ketua Pokdar Kamtibmas Herman Sofyan, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran pengurus dalam giat hari ini dalam rangka bersilaturahmi sekaligus berkenalan dengan Kapolsekta Bukittinggi yang belum lama ini dilantik.

kapolsekta bukittinggi

“Kami dari Pokdar Kamtibmas datang ke Polsek dalam rangka mempererat tali silaturahmi dengan jajaran Polsekta Bukittinggi. Kami juga ingin lebih bersinergi lagi dengan jajaran kepolisian dalam rangka menjalankan tujuan utama organisasi kami yaitu ikut berperan aktif menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polresta Bukittinggi” terang Herman Sofyan.

“Tidak hanya itu, kami juga menyampaikan undangan untuk acara peresmian kantor kami yang Insya Allah akan segera dilaksanakan setelah serah terima Kapolresta Bukittinggi. Tidak lupa juga kami ingin menyampaikan keinginan untuk sekali-sekali diadakan apel bersama Pokdar Kamtibmas dengan Polsekta Bukittinggi” lanjutnya.

“Kami juga meminta berbagai masukan dan saran dari jajaran Polsekta untuk lancarnya kegiatan kami kedepannya. Karena bagaimanapun Pokdar Kamtibmas ini adalah mitra kepolisian di tengah masyarakat. Tak lupa juga kami sampaikan rencana kami untuk membentuk kepengurusan ke tingkat kecamatan dan kelurahan di seluruh wilayah hukum Polresta Bukittinggi” ucap Herman Sofyan.

Baca Juga  Polsek IV Koto Salurkan Bantuan Sosial Kepada Warga

kapolsekta bukittinggi

Sementara itu Kapolsekta Bukittinggi Kompol Zamzami dalam sambutannya mengatakan bahwa secara pribadi sangat bahagia sekali karena tepat sebulan setelah dilantik menjadi Kapolsekta Bukittinggi langsung mendapatkan kunjungan dari para pengurus Pokdar Kamtibmas Bukittinggi.

“Saya merasa sangat bahagia sekali karena tepat tanggal 13 ini saya baru bertugas satu bulan di Polsekta Bukittinggi. Awalnya saya salah sangka karena menyangka pengurus yang datang ini adalah pengurus dari tingkat kecamatan, ternyata yang datang adalah pengurus yang langsung dibawah Polresta Bukittinggi” ucap Kapolsek.

“Saya ingin dalam waktu dekat ini, kita akan adakan apel gabungan antara pengurus Pokdar Kamtibmas dengan jajaran Polsekta Bukittinggi. Dan setelah itu kita adakan silaturahmi antara pengurus Pokdar Kamtibmas dengan 24 orang Bhabinkamtibmas yang bertugas di Polsekta Bukittinggi” lanjut Kapolsek.

“Kedepannya, kita harapkan sinergi Bhabinkamtibmas dengan Pokdar Kamtibmas dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di tengah masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Namun perlu ditekankan untuk penanganan kasus-kasus yang ada di tengah masyarakat kita harus mengikuti aturan yang berlaku dan juga untuk pembentukan kepengurusan ditingkat Kecamatan dan Kelurahan haruslah orang yang berdomisili di daerah setempat” tutup Kapolsek.

Kanit Binmas Polsekta Bukittinggi AKP Hamrizal menambahkan bahwa permasalahan yang ada ditengah masyarakat itu sangat komplek sekali. Sementara Bhabinkamtibmas sebenarnya untuk bekerja dan patroli ditengah masyarakat itu tidak ada anggaran.

Baca Juga  Sinergitas Antar Ormas di Wilayah Hukum Polres Bukittinggi

“Kultur masyarakat kita terutama di Kota Bukittinggi ini biasanya jika terjadi masalah, masyarakat biasanya ingin masalah tersebut langsung diselesaikan ditempat. Peran tokoh masyarakat biasanya juga sangat berperan disana. Dengan adanya Pokdar Kamtibmas tentu beban yang harus ditanggung oleh Kepolisian terutama Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan permasalahan ditengah masyarakat dapat terbantu (diringankan *red)” ucap Kanit Binmas.

“Kerja ini tentu kerja sosial yang lahir dari kesadaran diri. Semoga sinergi antara Pokdar Kamtibmas dengan Kepolisian terutama Bhabinkamtibmas dapat terjalin dengan baik sehingga situasi kamtibmas yang kondusif ditengah masyarakat dapat kita ciptakan” tutup Kanit Binmas. (Angah)